Kamis, 26 April 2012

“ DIALOG MENCERMATI PENYUSUNAN APBN”




Oleh : (Anjar Riyadi , Gempita )

Yogyakarta- Alhammdulillah akhirnya  Kamis siang, 26 April  sekitar  jm 9.30  Gempita kembali bisa memenuhi  undangan yang ke sekian kalinya dari TVRI. Pada undangan kali ini GEMPITA bersama undangan lain (APMD, UPY, Widyatama) diberi kesempatan untuk mengikuti salah satu acara DIALOG PUBLIK  TVRI  yang bertajuk “ DIALOG MENCERMATI  PENYUSUNAN  APBN”.
                Dalam acara  ini hadir 3 Nara Sumber  Utama yaitu :
1.        Zaenuri (Sekda Propinsi DIY)
2.       Cholid Mahmud (Ketua Komite IV DPRD DIY)
3.       Winarta (Yogyakarta Transparan)
Dengan dipimpin oleh Vika (Moderator), jm 10.30 acara dialog pun segera dimulai. Acara  di awali  dengan pemaparan  dari  ketiga nara sumber menurut  perspektif   ranah masing-masing terkait  Penyusunan  APBN dan segala dinamika  yang terjadi di dalamnya. Setelah 30 menit 3 narasumber selesai  memaparkan, tiba giliranya sesi interaktif  dari para undangan. Alhamdulillah  pada sesi ini termasuk dari GEMPITA diberi kesempatan untuk menyampaikan  komentar/pertanyaan  dari pemaparan nara sumber terkait  Penyusunan  APBN.
Dari hasil dialog ini paling tidak ada beberapa intisari yang bisa kita ambil antara lain:
·         Dalam Penyusunan APBN tidak terlepas dari proses  yang cukup   panjang mulai dari tingkat bawah/daerah  sampai tingkat pusat.
·         Penyusunan APBN harus berdasarkan pada Aspirasi Rakyat  dari segala aspek kehidupan.
·         Dalam Penyusunan APBN harus ada mekanisme pengaturan yang jelas mengenai  peran dari eksekutif, legislatif, dan Yudikatif.
·         APBN yang telah disusun harus direalisasikan secara benar, efektif, dan efisien.
·         Dalam pelaksanaan APBN harus berjalan fungsi pengawasan dan evaluasi  secara benar dari pihak yang bersangkutan.
Semoga penyusunan dan penggunaan APBN negeri  ini ke depan  benar-benar berpihak pada suara aspirasi rakyat demi terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera.
Amiin.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

I like this !

Powered By Blogger

Gempita_Follower